BIOGRAFI KH. AHMAD BAJURI3



BIOGRAFI KH. AHMAD BAJURI
PENDIRI PESANTREN MA’DINUL ‘ULUM CAMPURDARAT

Hampir dua minggu yang lalu, tulisan tentang KH. Ahmad Badjuri (Alm) pendiri  Pesantren Ma'dinul 'Ulum Campurdarat edisi yang ke-3 dari KH. Alie Ma'dhum ku terima, namun karena kesibukanku mengurusi administrasi  anak-anak MI Ma'dinul 'Ulum yang melanjutkan ke jenjang SMP, MTs dan ke Pesantren belum dapat aku bagi kepada teman-teman.

Alhamdulillah, hari ini Senin pon tanggal 6 Juli 2020, kembali aku bagikan tulisan beliau KH. Alie Ma'dhum pengasuh Pesantren Ma'dinul 'Ulum Campurdarat tentang Biografi  abah beliau KH. Ahmad Badjuri (Alm) Pendiri Pesantren Ma'dinul 'Ulum sebagai lanjutan dari tulisan beliau yang lalu.

Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan menambah mahabbah dan ta’dhim kita… Aaminn 

BIOGRAFI PENDIRI DAN PENGASUH
PESANTREN MA'DINUL ULUM CAMPURDARAT
KH. AHMAD BADJURI
(BAG. 3)

MERINTIS PONDOK PESANTREN.
Selama masih ada kesempatan, bagaimanapun juga harus digunakan untuk menimba ilmu itulah prinsip Ahmad Bajuri belia. Tetapi beberapa kyai sekaligus sebagai sang guru, meminta agar beliau kembali ke kampung halaman dan supaya mendirikan Pondok Pesantren, karena sudah dianggap mumpuni mengembangkan ilmunya di Masyarakat. 

Masayikh yang menugaskan :
1. Hadratus Syaikh Kyai Darwi  Jajar Durenan Trenggalek
2. Hadratus Syaikh Kyai Kholil Dawuhan Wonokasih Gurah Kediri
3. Mursyid Agung Syekh Kyai Mustaqim Husain Tulungagung
4. Waliyulloh H. Dimyati Campurdarat ( dengan dawuh dawuh kinayah yang menjdikan al Faqir  LURAH dan KHOLIFAH di Campurdarat).

Dari tugas dan perintah para guru Al Faqir memint restu dan ridlo orang tua dan dukungan saudara saudara beliau, diatas tanah seluas 85 ru Al Faqir Ahmad Badjuri Tahun 1965 merintis Pondok Pesantren dengan MUSHOLA KLONENG ( dari bekas rumah Mbah PUSLAN – Ayahanda Al Faqir) sebagai pusat sentralnya. Di tahun 1977 dari MUSHOLA KLONENG disempurnakan menjadi MUSHOLA PERMANEN.
Di tahun 1990 Al Faqir KH. AHMAD BADJURI mendapat amanat dari Mursid Agung Thoriqoh Syadziliyyah Syekh Kyai Abdul Jalil Mustaqim untuk mendirikan PESANTREN CILIK dengan ditandai dipercayakannya sepuluh santri cilik dari Kerabat beliau Kyai Abdul Jalil Mustaqim untuk dididik di PONDOK PESANTREN MA’DINUL ‘ULUM CANPURDARAT.

Masyayih Pendamping
Dalam mengemban amanat dan melaksankan perintah guru Al Faqih KH. Ahmad Badjuri didampingi oleh :
Pertama : Ahli Sirri Syekh Siroj Al ‘Arif Bendosari (1970-1973)
Kedua : Dzurriyatur Rosul Habib Ahmad bin Hasan Al Bahrun Mrican Kediri ( 1973-1988)
Ketiga : Dzurriyatur Rosul Habib Ahmad bin Salim Al Muhdhor Bendil Wungu (1988-1998)

Dan Beliau HABIB AHMAD BIN SALIM AL MUHDHOR memerintakan al faqir KH. Ahmad Badjuri merubah MUSHOLA menjadi MASJID dengan diberi bata merah sebanyak 250.000 biji.
Dan pada tanggal 31 Desember 1991 MASJID PONDOK PESANTREN MA’DINUL ‘ULUM diresmikn oleh Bapak Bupati Kepala Daerah Tingkat II  Tulungagung Bapak Drs. H. Jaifuddin Sa’id.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA CERIA DAN PENUH MAKNA

Tadabur Alam Gunung Budheg

Peringatan Agustusan