portal cinta


PORTAL PORTAL CINTA
Oleh : Aan Choirul Anam

            Pandemi covid 19 atau virus corona telah terjadi di dunia, mulai menyebar dari Cina dan meluas hampir di seluruh negara di planet bumi ini.  Virus Corona menjadi sesuatu yang sangat ditakuti  seluruh dunia nya bukan hanya negara miskin saja yang merasakan negara maju dan kaya pun merasakan dampak dari kehadiran. Banyak korban berjatuhan ada ribuan orang yang meninggal dan jutaaan orang yang harus di karantina atau diisolasi. Negara Amerika serikat dan Italia yang merupakan negara besar yang memiliki peralatan canggih dan ahli-ahli kesehatan yang mumpuni juga merasakan dampak dari hadirnya Virus baru yang bernama Corona bahkan Amerika Serikat dan Italia menduduki peringkat 2 dan 3 setelah Cina dilihat dari banyaknya korban meninggal dan orang yang terinveksi virus Covid 19.
Di  Indonesia kasus Corona pertama  kali ditemukan di Tangerang propinsi Jawa Barat dari orang yang baru pulang bepergian dari luar negeri dan kemudian mulai menyebar sangat cepat di Jakarta dan hampir di seluruh propinsi di Indonesia. Pemerintah Indonesia menetapkan Zona dari penyebaran Virus Corona ini berdasarkan korban yang meninggal dan terinveksi virus, ada zona merah, zona kuning dan zona hijau. Dari korban terinfeksi virus corona dibedakan menjadi orang meninggal akibat corona, orang positif corana, suspesuspect corona, yaitu orang yang diduga kuat sudah terjangkit infeksi corona, Pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit, Orang dalam pengawasan (ODP) adalah orang yang baru pulang dari luar negeri dan Orang tanpa gejala (OTG) adalah orang berasal atau pernah bepergian dari Zona merah.
Penyebaran virus Corona sangat cepat dan sangat sulit dideteksi ibarat perang ini adalah perang yang sangat sulit karena musuh tidak kelihatan dan tidak dapat dikenali bagaikan siluman. Pemerintah melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus Corona dan penanganan pasien Corona dengan membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 dari tingkat pusat, propinsi, dan kabupaten. Pemerintah  menetapkan gerakan “Dirumah saja” mulai dari belajar dari rumah menggunakan E-learning dan pelajaran dalam jaringan (Daring), bekerja dari rumah (Work From Home / WFH), belanja dari rumah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi toko online dan jasa antar barang / paket. Kebijakan pembatasan fisik (physical distancing) dan pembatasan sosial (social distancing) dengan melarang masyarakat untuk mendekati kerumunan, dan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) melalui pembatasan aktivitas masyarakat.
Kebijakan pembatasan fisik (physical distancing) dan pembatasan sosial (social distancing) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterjemahkan di bawah  sebagai pembangunan portal-portal yang dimaksudkan agar dapat mengontrol dan mengendalikan orang yang keluar masuk desa / kampung.  Apalagi setelah pemerintah membuat kebijakan membebaskan ratusan nara pidana (napi) dari lembaga pemasyarakatan hal ini tentu akan menambah kerawan keamanan di tengah masyarakat menghadapi pandemic Covid 19. Di wilayah Jawa Timur,  Polda Jawa Timur bersama pemerintah Propinsi Jawa Timur menetapkan program desa / kampung tangguh untuk kewaspadaan terhadap keamanan lingkungan dari gangguan keamanan yang memanfaatkan situasi pandemi virus Corona sehingga semakin banyak portal-portal dibangun.
Kita tidak perlu suudzon dengan adanya portal-portal di desa dan di kampung-kampung ini. Pembangunan portal bukan berarti membatasi akses masuk dan masyarakat untuk bersosialisasi tetapi pembangunan portal ini merupakan wujud cinta dan perhatian pemerintah khususnya pemerintah desa kepada rakyatnya. Pembangunan portal bertujuan untuk menjaga warga masyarakat dari penyebaran virus corona dan menjaga keamanan di lingkungan masyarakat, dengan dibukanya jalan dalam satu pintu / satu akses keluar masuk dengan menutup jalur-jalur tikus atau jalan-jalan kecil sehingga membatasi niat jahat dari penjahat yang hendak memanfaatkan situasi untuk mencuri, merampok atau melakukan tindak kriminal yang lain. Dengan adanya portal dapat diketahui orang yang keluar masuk desa atau kampung sehingga dapat memantau orang yang baru pulang merantau yang perlu dicurigai menjadi ODP (orang dalam pemantauan dan tentunya sealu menggunakan protokol kesehatan untuk mencegas penyebaran virus corona.
Semoga pandemi covid 19 segera berakhir sehingga masyarakat dapat hidup secara tenang, tanpa rasa takut dan dapat beraktivitas secara normal kembali serta portal-portal cinta yang membatasi gerak dan aktifitas sosial dapat ditiadakan sehingga tidak ada sekat-sekat lagi dalam masyarakat. Dan semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan kepada kita semua…. Aamiin Allohumma Aamiin.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA CERIA DAN PENUH MAKNA

Tadabur Alam Gunung Budheg

Peringatan Agustusan