TEKNOLOGI


TEKNOLOGI
Siang ini sepulang dari Madrasah seperti biasa ku ambil nasi, sayur dan krupuk sebagai lauk untuk makan siang. Sambil makan ku nyalakan telivisi utuk sedikit memberi hiburan dan teman  makan siang ku. Setelah ku pilih-pilih channel TV akhirnya ku pilih channel RCTI yang menayangkan siaran ulang sinetron “Si Doel Anak Sekolahan”  yang pernah sukses dan populer di era 90-an. Sinetron Si Doel dibintangi Rano Karno sebagai Doel, Moudy Kusnaedi sebagai Jaenap dan bintang-bintang pendukung, seperti : Mandra, Atun (Suti Karno), Karyo (Basuki), Mak nyak (Aminah Cendrakasih), Sarah (Cornelia Agatha) dan lain-lain. Boleh jujur sinetron Si Doel inilah yang membuat ku untuk melanjutkan sekolah ke jenjang kuliah semetara anak-anak di sekitar ku rata-rata hanya tamatan SMP dan SMA pada saat itu. 
Ada kata-kata yang menggelitik dari sinetron Si Doel  yang ku lihat tadi siang ketika Doel berkata  kepada Jaenap,  “ Aku menyesal menjadi insinyur ahli mesin, dulu aku berfikir teknologi dapat meringankan pekerjaan manusia tapi nyatanya karena teknologi membuat banyak orang yang menjadi pengguran”. Kata Doel inilah yang membuat aku tertarik untuk menulis dan mengulas tentang teknologi.
Teknologi berasal dari bahasa Yunani  “ Technologia”, techno artinya keahlian dan logia yang artinya pengetahuan. Pada awalnya teknologi hanya terbatas pada peralatan atau mesin saja kemudian berkembang menjadi perangkat lunak, program, metode pembelajaran, metode bisnis dan lain-lain seiring berjalannya waktu, Pengertian tekonologi menurut para ahli berbeda-beda, menurut M. Maryono Teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari dan menurut  Jacques Ellil Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Sehingga  dapat disimpulkan teknologi adalah alat, mesin, cara, proses, kegiatan atau gagasan yang dibuat untuk mempermudah / membantu aktifitas pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Perkembangan Teknologi mengikuti perkembangan pemikiran manusia pada jamannya. Pada jaman pra sejarah manusia sudah mengenal teknologi berupa peralatan berburu dari kayu dan batu kemudian berkembang menjadi peralatan-peralatan yang terbuat logam  dan di jaman  revolusi industri mulai dibuatlah mesin-mesin industri dan telekomunikasi kemudian pada abad 20 dan  abad 21 kini teknologi berkembang hingga digunakannya computer, handpone (HP) dan aplikasi-aplikasi mulai dari yang sederhana sampai rumit  untuk memudahkan / meringankan  pekerjaan manusia sehingga menjadi efisien dan efektif.
Perkembangan teknologi bagaikan  pisau berkepala dua, ada segi positif / manfaat dan segi negative / kerugiannya.
Dampak positif / Manfaat teknologi bagi kehidupan manusia, antara lain :
1.    Semakin mudah dan cepatnya mobilisasi / perpindahan orang dan barang
    dengan digunakannya alat transportasi modern, seperti : mobil penumpang, mobil barang, kereta api dan pesawat terbang serta aplikasi pendukunggnya
2.    Barang-barang dapat diproduksi secara besar-besaran dengan kualitas yang sama
     Dengan digunakannya mesin-mesin produksi dan robot
3.    Komunikasi semakin mudah dan cepat digunakan telepon, handphone, internet, WA, email, aplikasi zoom dan lain-lain
4.    Informasi dapat diperoleh secara cepat dengan digunakannya media internet menggunakan  computer, handphone android, aplikasi google, yahoo, media online dan lain-lain
5.    Memudahkan kegiatan manusia sehari-hari seperti : berbelanja (jual beli barang online menggunakan : Lazada, Shopie, bukalapak dan lain-lain), mencari hiburan (menggunakan TV, internet, youtube, game online dan lain-lain), pembayaran (menggunakan mesin ATM, aplikasi e-banking) dan lain sebagainya
Dampak negatif / kerugian teknologi bagi kehidupan manusia
1.    Banyaknya pengangguran, tenaga manusia banyak digantikan dengan kehadiran mesin dan robot
2.    Munculnya sifat individual, egois dan tidak peduli kepada orang lain
3.    Penyalahgunaan teknologi untuk kejahatan dan penipuan
4.    Manusia menjadi malas beraktifitas
5.    Menimbulkan pencemaran, terutama untuk teknologi yang tidak ramah lingkungan

Perkembangan teknologi selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan  dan kebutuhan manusia. Agar kita tidak terlalu bergantung pada teknologi maka kita harus dapat menggunakan teknologi dengan bijaksana.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA CERIA DAN PENUH MAKNA

Tadabur Alam Gunung Budheg

Peringatan Agustusan