BIOGRAFI KH AHMAD BAJURI


BIOGRAFI KH. AHMAD BAJURI
PENDIRI PESANTREN MA’DINUL ‘ULUM CAMPURDARAT

Hari ini, hari yang sangat membahagiakan bagi ku, seperti biasa aku berangkat ke madrasah yang jaraknya sekitar 200 m dari rumah untuk melaksanakan kewajiban sebagai guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’dinul ‘Ulum . Seminggu yang lalu aku mendapat amanah dari Dr. Ainun Naim untuk menggali biografi KH. Ahmad Bajuri  (Pendiri Pesantren Ma’dinul ‘Ulum) dan  beberapa hari yang lalu aku sowan ke Drs. KH. Ma’dhum Alie Ma’dhum (Pengasuh Pesantren Ma’dinul ‘Ulum) putra beliau untuk menanyakan hal tersebut.  Alhamdulillah hari ini, Gus Ma’dhum berkenan memberikan tulisan  beliau tentang Biografi KH. Ahmad Bajuri dan memberi ijin untuk ku bagi kepada teman-teman dan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’dinul ‘Ulum.  
Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan menambah mahabbah dan ta’dhim kita… Aamin. 

Berikut tulisan KH. Ma'dhum Alie Ma'dhum tentang biografi Abah beliau, KH Ahmad Bajuri (Alm) :

BIOGRAFI PENDIRI DAN PENGASUH
PESANTREN MA'DINUL ULUM CAMPURDARAT
KH. AHMAD BADJURI
(BAG. 1)

Dilahirkan di Desa Campurdarat Tulungagung dari seorang ayah H. Puslan bin Haji Thohir bin Abdus Syukur dan seorang ibu Hj. Sulmi Binti Jayadi  bin Mundzir. tahun 1938. Beliau anak yang kesebelas dari sebelas orang bersaudara.
Pada tahun 1945 m. beliau masuk sekolah dasar dan bertepatan kemerdekaan Negara Rebublik Indonesia .Karena peristiwa pemberontakan PKI. Madiun 1948 dan agresi belanda tahun 1949, kegiatan sekolah terganggu sehinga beliau tamat sekolah tahun 1953 M.
Seperti umumnya santri desa, pada waktu masih sekolah dasar beliau juga mendalami disiplin ilmu baca Alquran dan beliau mengaji kepada sesepuh Campurdarat diantaranya:
1. Bapak Kyai Sodikun
2. Bapak Kyai Haji UMAR
3. Bapak Kyai Haji Zain.
selebihnya beliau juga tabarukan pada Al'allamah Azzahid  KH. DIMYATI Campurdarat (KH. Dimyati kakak kandung dari ibu Hj. Sulmi).

PERIODE MENCARI ILMU
Pada Tahun 1945 M. Pertama memulai Mondok di Pondok Sumbergayam Jajar Kabupaten Trenggalek asuhan :
1. Assyekh Al 'alamah Alwaro ‘ Aljuud Mbah Kyiai BADRUDDIN
2. Assyekh Al 'alamah Al 'ilmi Tauhid Mbah Kyiai ABI SUJAK (nama lain dari Mbah Kyai DARWI)
3. Assyekh Al' alamah Fil Ilmi Tasawwuf Mbah Kyiai MAHFUD.
Dua setengah tahun mondok Mbah Kyai Badruddin wafat , Santri Ahmad Bajuri oleh Mbah Kyai Darwi diperintah untuk melanjutkan mondok ke Pondok Pesantren Sidorangu, Krian Sidoarjo yang diasuh oleh Al 'alamah Azzahid Aljuhud Shohibul karomah Walfadilah Al-Kabiroh Kyiai SAHLAN , untuk belajar Ilmu HAL.( Ilmu Tingkah laku ). Dua setengah tahun mondok di Sidorangu ( terdorong oleh perasaan ingin meningkatkan materi pelajaran) , maka beliau pindah kePondok Pesantren Berasan Banyuwangi , Yang diasuh Oleh :
1. Assyekh Al alamah Alwaro Shohibul karomah wal fadhilah Kyiai Haji ABDUL MANAN
2. Assyekh Al alamah Alwaro Shohibul karomah wal fadhilah Kyiai Haji ISKANDAR.
Dengan modal pengetahuan yang sudah beliau peroleh maka semakin besar keinginan beliau untuk meningkatkan pengetahuan. Untuk itu beliau lalu melanjutkan memperdalam Ilmu agama Ke Pondok Pesantren KAJEN bertempat di BULU MANIS JUWONO PATI Jawa Tengah yang diasuh oleh Asyeh Al’alamah Alwara’ Shohibul Karomah Fil Ilmi Manteq Wal Badi, Wal Bayan KH .ABDUL HAQ. Disana beliau mendalami Ilmu :
1.lmu manteq( Imu Logika )
2.Ilmu Balaghoh ( Jawahirul ma’nun)
3.Ilmu Usul Fiqih
ketiga ilmu tersebut mempu beliau tempuh dalam jangka waktu satu tahun.
Selebihnya beliau AHMAD BAJURI selama kurang lebih enam bulam mengaji dan mempelajari Ilmu Hisab (Ilmu Falak) Kepada alamah KH. MAHFUD Pengasuh Pondok Pesantren Ambulu Kabupaten Jember.
Sampai pada tahun 1960 M. beliau masih Memperdalam ilmu agama di Pondok Pesantren Tertek Pare Kediri yang di asuh oleh Assyekh Al'allamah Fil'ilmi Hadist Wal Hafidzil Qur'an Kyai ZUAINI , di sana beliau juga memperdalam kitab kitab Fiqih. Usai menghatamkan kitab Hadist tepatnya pada tahun 1963  beliau mengikuti Toreqoh Qodiriyyah Nasaqbandi Wa Syadziliyah  di Kauman Tulungagung,  beliau di baiat oleh Assyekh Al allamah Wal Fadillah Kyai Haji MUSTAKIM HUSIN

Komentar

  1. Subhanalloh... Saya sangat mengagumi beliau.. Ternyata sanad ilmu nya memang luar biasa.

    Siapapun sangat beruntung yg sempat tabarukan pada belia.

    Allohummayarham.

    BalasHapus
  2. Lha ...ini sangat penting dan bermanfaat. Harus dilanjut pak aan

    BalasHapus
  3. Luar biasa. Mas Aan bisa menindaklanjuti biografi beliau dengan bertanya kepada para santri dan sumber-sumber lain. Semoga bahannya melimpah dan bisa menjadi sebuah buku.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA CERIA DAN PENUH MAKNA

Tadabur Alam Gunung Budheg

Peringatan Agustusan